Kaki Palsu Bawah Lutut, Bagaimana Pembuatannya?

Kaki palsu bawah lutut adalah kaki prostetik yang dipasangkan pada orang yang mengalami amputasi atau cacat kaki di bawah lutut atau disebut juga amputasi. BK (below knee) atau amputasi TT (transtibial). Jenis kaki palsu ini cukup banyak penggunanya di Indonesia dan bisa Anda dapatkan di tempat jasa pembuatan kaki palsu atau rumah-rumah sakit tempat rehabilitasi fisik setelah mengalami kecelakaan atau penyakit yang menyebabkan seseorang harus diamputasi kakinya. Tergantung dengan sistem suspensi yang digunakan, kaki palsu untuk posisi bawah lutut ini bisa terdiri dari berbagai macam bagian seperti misalnya socket, liner, pylon, dan kaki. Ada juga yang dilengkapi dengan harness untuk menentukan mekanisme gerak kaki palsu. Harga kaki palsu untuk bawah lutut berkisar antara Rp4 juta hingga Rp5 juta menggunakan bahan material dan komponen lokal, jika menggunakan komponen impor maka harganya tentu akan lebih mahal.

Proses pembuatan kaki palsu bawah lutut

kaki palsu bawah lutut

kaki palsu bawah lutut

kaki palsu bawah lutut

Seseorang yang baru saja kakinya diamputasi bisa memulai proses mendapatkan kaki palsu bawah lutut beberapa hari setelah prosedur operasi dilakukan tergantung dari tingkat kesembuhan pasien. Kemudian pasien akan dipasangkan sebuah alat yang bisa membantu untuk memproses penyembuhan bekas operasi, mengurangi pembengkakan pada bagian yang diamputasi, melindungi luka bekas operasi agar tidak infeksi, dan membantu pasien untuk membiasakan diri menggunakan struktur kaki palsu yang akan dibuat setelah luka pasien sembuh. Pasien juga bisa dipasangkan alat yang namanya BK shrinker yang fungsinya adalah menstabilkan bentuk kaki setelah diamputasi di mana pasca operasi bentuk kaki akan berubah bentuk dan ukurannya sehingga oleh pembuat kaki palsu penggunaan alat ini akan membantu proses pembuatan kaki palsu yang lebih pas.

Pembuatan dan pemasangan liner

Liner adalah antarmuka dengan bahan yang lembut yang fungsinya bisa menyerap daya tekan ketika pasien menggunakan kaki palsu bawah lutut dan membuat sisa kaki tetap sehat selama pemakaian kaki palsu. Liner dipasangkan dulu sebelum memasang socket dan dipakaikan di atas permukaan kulit. Fungsi antar muka ini juga bisa membuat kaki palsu yang digunakan bisa awet lebih lama sehingga pasien tidak harus mengeluarkan uang lebih banyak karena seperti yang sudah disebutkan di atas harga kaki palsu tidaklah murah dan bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Pasien bisa berkonsultasi dengan pembuat kaki palsu atau yang disebut dengan prostetik mengenai tipe liner yang paling pas untuk digunakan karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Jenis liner yang tersedia di pasaran disesuaikan dengan jenis suspensi yang digunakan pada kaki palsu, masalah kulit yang dialami oleh pasien amputasi terutama pada bagian bekas operasi, jenis dan intensitas kegiatan yang dilakukan oleh pasien setiap hari, bentuk tulang, dan lain sebagainya. Pasien bisa mendapatkan liner yang sudah tersedia atau harus dibuat secara custom jika kondisi kakinya tidak sesuai dengan bentuk liner yang tersedia.

Mendiagnosis socket

Seorang pasien kaki palsu bawah lutut bisa jadi mendapatkan diagnosa untuk pembuatan socket lebih dari satu kali. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan bentuk pada sisa kaki yang diamputasi yang kehilangan volumenya sehingga socket yang sebelumnya sudah dipasang harus disesuaikan kembali, dan biasanya juga membutuhkan penggantian liner untuk menyesuaikan dengan socket yang baru. Setelah socket yang dibuat cukup stabil karena perubahan fisik pasien juga sudah mulai stabil, socket awal kemudian dilaminasi dengan menggunakan bahan tertentu, biasanya bahan karbon untuk membuat kaki palsu tetap ringan dan awet. Versi socket yang telah dilaminasi bahkan bisa didesain warna atau motifnya sesuai dengan permintaan pasien, bisa minta diwarna sesuai dengan warna kulit ada juga yang minta diwarnai tim sepakbola kesayangannya.