Kaki Palsu Atas Lutut Dan 3 Macam Prostetik Lainnya

Kaki palsu atas lutut adalah salah satu jenis kaki palsu yang ada di pasaran saat ini untuk menggantikan kaki pasien amputasi atau cacat bawaan sejak lahir yang tidak memiliki anatomi kaki seperti pada orang yang normal. Terutama bagi pasien amputasi yang harus hidup dengan kondisi yang berbeda dari kehidupannya sebelumnya, tentu membutuhkan alat bantu hidup yang bisa membuatnya menjalani hidup setidaknya mendekati cara hidupnya yang normal ketika masih memiliki kaki yang lengkap.

Saat ini banyak juga para pasien amputasi yang memiliki beberapa macam kaki palsu yang dibedakan berdasarkan kegiatannya. Ada yang memiliki kaki palsu khusus untuk kehidupan sehari-hari ada juga yang menggunakan kaki palsu khusus yang digunakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas olahraga atau rekreasi yang membutuhkan kaki palsu dengan mekanisme yang lebih khusus untuk mengakomodasi pergerakan tubuh manusia.Karena posisi amputasi orang bisa berbeda-beda tergantung dengan kondisi medisnya berikut adalah jenis-jenis prostetik  termasuk kaki palsu atas lutut yang bisa didapatkan dari rumah sakit, pusat rehabilitasi, atau langsung datang ke jasa pembuatan kaki palsu profesional.

Kaki Palsu Atas Lutut dan Berbagai Jenisnya

Prostetik Transfemoral

kaki palsu atas lutut

kaki palsu atas lutut

Prostetik transfemoral adalah kaki palsu atas lutut atau kaki palsu yang dipasangkan pada pasien yang mengalami amputasi kaki dengan posisi di atas lutut. Pembuat kaki palsu, memberikan kategori Di antara jenis-jenis prostetik yang lainnya, pasien yang kehilangan kaki dengan posisi di atas lutut memiliki tingkat kesulitan kembali menjalankan aktivitas seperti normal yang paling tinggi. Pasien dengan kondisi ini mesti menggunakan 80% energi lebih banyak dibandingkan dengan manusia yang memiliki dua kaki utuh hanya untuk bergerak seperti biasa.

Hal tersebut karena lutut manusia memiliki peran yang sangat penting untuk mekanisme pergerakan manusia sehingga jika hilang maka beban yang harus ditanggung badan untuk bergerak jadi jauh lebih besar. Pembuatan kaki palsu untuk kondisi ini harus dibuat dengan sangat baik untuk memberikan kemudahan pada pasien untuk bergerak secara bebas dibantu dengan kaki prostetiknya.

Prostetik Transtibial

Kaki prostetik ini diperuntukkan bagi pasien yang kehilangan kaki dengan posisi di bawah lutut. Dibandingkan dengan transfemoral, orang yang kehilangan kaki di bawah lututnya biasanya lebih cepat bisa beradaptasi dengan kondisi barunya karena lutut yang memiliki peran penting dalam pergerakan kaki manusia masih bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu bagi pasien dengan kondisi ini juga biasanya lebih cepat menyesuaikan diri dengan kaki palsu barunya dibandingkan dengan pengguna kaki palsu atas lutut.

Prostetik Transhumeral

Selain kaki palsu atas lutut dan bawah lutut, alat bantu gerak prostetik manusia juga ada yang digunakan untuk pasien yang kehilangan tangan. Tipe transhumeral adalah prostetik yang digunakan pada orang dengan amputasi di atas siku. Meski tidak begitu memengaruhi pergerakan pindah tempat karena kaki yang masih utuh, namun pasien dengan kondisi transhumeral umumnya mengalami kesulitan beradaptasi dengan prostetiknya untuk membuat tangan palsu bisa digerakkan seperti tangan normal biasa.

Prostetik transradial

Tipe prostetik yang terakhir adalah transradial di mana alat bantu ini dipasangkan pada orang dengan tangan yang hilang di bawah siku. Pembuatan tangan palsu bisa jadi lebih rumit dibandingkan dengan kaki palsu  atas lutut atau bawah lutut terutama jika pasien ingin jari-jari yang bisa digerakkan seperti jari biasa sehingga struktur mekanismenya membutuhkan sambungan-sambungan kabel yang dihubungkan dengan otot pada sisa tangan sehinga tangan bisa menutup dan membuka seperti tangan biasa.