Kaki Palsu Modern dari Zaman Dulu Dan Zaman Modern

Kaki palsu modern saat ini dibuat dengan menggunakan bahan material yang lebih ringan seperti misalnya plastik dan juga serat karbon. Kaki palsu yang lebih canggih bahkan menggunakan teknologi elektronik yang bisa terhubung dengan saraf dan otot manusia sehingga bisa digerakkan seperti kaki normal manusia pada umumnya. Tapi zaman dulu, orang Roma dan Yunani menggunakan bahan besi untuk membuat kaki atau tangan palsu yang selain digunakan untuk kegiatan sehari-hari, digunakan juga untuk keperluan bertarung misalnya tangan palsu yang terhubung dengan perisai sebagai pelindung saat perang.

Para ilmuwan percaya bahwa kaki prostetik paling tua adalah sebuah kaki yang terbuat dari bahan kayu dan kulit yang terpasang pada kaki seorang mumi yang diperkirakan identitasnya adalah bangsawan wanita Mesir. Kaki palsu tersebut memiliki usia sekitar 3.000 tahun yang desainnya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan desain kaki palsu yang ada sekarang ini, hanya menggunakan bahan material yang lebih kuno. Perkembangan kaki palsu modern mulai berkembang ketika zaman perang di mana banyak tentara maupun warga sipil yang mesti kehilangan anggota tubuhnya. Meski menggunakan bahan material yang berbeda, komponen kaki palsu jadul dengan modern secara umum sama saja, apa saja mereka?

Kaki Palsu Modern, Apa Saja Jenisnya?

Pylon

kaki palsu modern

kaki palsu modern

Pylon adalah bagian internal dari kaki palsu atau bisa juga disebut sebagai kerangkanya kaki prostetik. Dulunya pylon dibuat dengan menggunakan bahan metal untuk membuat struktur kaki prostetik yang kuat tapi pada kaki palsu modern sudah digunakan bahan yang lebih ringan seperti plastik atau karbon yang juga cukup kuat untuk menopang berat badan manusia ketika kaki digunakan. Untuk memberikan penampilan yang lebih estetik, pylon biasanya dilapisi dengan bahan seperti busa yang bisa diwarnai sesuai dengan permintaan penggunanya. Ada yang minta warnanya disesuaikan dengan warna kulit alami ada juga yang lebih seru diwarnai dengan motif-motif atau pola tertentu.

Socket

Socket adalah bagian kaki palsu yang menjadi antar muka atau penghubung antara pylon dengan sisa kaki pasien. Socket adalah bagian yang sangat penting harus cocok dengan kebutuhan dan bentuk tubuh pasien karena bagian ini akan menjadi penyerap daya tekan antara sisa kaki dengan kaki palsu. Jika tidak dibuat dengan benar maka pengguna kaki palsu akan merasa kurang nyaman dengan pergerakan kaki palsunya bahkan bisa menimbulkan iritasi dan masalah pada bagian kulit yang melakukan kontak dengan alat. Biasanya untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik pada pengguna kaki palsu modern, liner dengan bahan yang lembut dipasang pada bagian dalam socket, ada juga yang dipasang liner lebih dari satu lapis agar kaki palsu bisa terasa lebih pas terpasang dan tidak longgar.

Sistem suspensi

Suspensi adalah bagian dari kaki palsu yang memastikan kaki palsu tetap terhubung dengan kaki asli. Ada beberapa macam tipe suspensi yang tersedia dengan harga yang berbeda-beda, tergantung dengan sistem harness yang digunakan, tipe atau model sabuknya, dan komponen lainnya yang membuat kaki palsu terpasang dengan baik pada kaki asli.

Komponen kaki palsu modern di atas adalah komponen umum yang biasa ada pada alat bantu kaki palsu. Meski demikian masing-masing orang memiliki kebutuhannya sendiri untuk mendapatkan kaki palsu yang paling sesuai dengan aktivitas hidupnya. Misalnya untuk orang yang diamputasi di atas lutut maka ia membutuhkan kaki palsu dengan tambahan komponen lutut buatan. Pastikan Anda selalu melakukan konsultasi dengan pembuat kaki palsu sebelum membeli kaki palsu sendiri.

Related Arcticle : kaki palsu bpjs.