Kaki Palsu Robotik Untuk Masa Depan Kaum Disabilitas

Kaki palsu robotik adalah jenis kaki palsu dengan teknologi tinggi di mana kaki palsu bisa dilengkapi dengan sistem sensor yang canggih sehingga kaki bisa digerakkan seperti orang normal menggerakkan kakinya. Dibandingkan dengan kaki palsu yang memiliki cara kerja manual, kaki palsu dengan teknologi robotik dialiri dengan energi listrik yang bisa membuatnya memiliki fungsi seperti otot kaki pada orang  normal. Kaki palsu berteknologi tinggi ini memang jauh lebih mahal harganya dibandingkan dengan kaki palsu manual, tapi jika Anda memiliki dana yang cukup untuk membeli kaki palsu berteknologi robot ada baiknya untuk memilih jenis kaki palsu ini karena memiliki manfaat yang cukup besar. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Kaki palsu Robotik seperti kaki biasa

kaki palsu robotik

kaki palsu robotik

Dengan teknologi robotik, pasien amputasi bisa mendapatkan kaki yang bisa digerakkan seperti layaknya orang normal menggerakkan kakinya. pembuat kaki palsu Kaki robotik dibuat sedemikian rupa sesuai dengan bentuk tubuh dan juga aktivitas penggunanya sehingga ketika digunakan bisa memberikan pergerakan yang seimbang seperti ketika memiliki kaki biasa. Dengan menggunakan kaki palsu robotik, penggunanya tidak hanya bisa berjalan tapi juga bisa lari, lompat, menendang bola, melakukan gerakan-gerakan kaki yang kompleks, bahkan pada teknologi kaki palsu yang lebih canggih jari kaki juga bisa digerakkan dan digunakan untuk mengambil barang.

Lebih nyaman dan stabil digunakan

Dibandingkan dengan kaki palsu biasa, kaki robotik memiliki kelebihan yang bisa membuat penggunanya merasa lebih nyaman. Biasanya pengguna kaki palsu akan mengeluhkan rasa pegal dan perih pada kaki yang tersambung dengan kaki palsu setelah penggunaan berjam-jam. Sementara kaki palsu dengan teknologi robotik dikatakan bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama tanpa memberikan rasa tidak nyaman pada kaki. Kaki palsu teknologi robot juga memiliki keseimbangan yang lebih baik. Sehingga pemakainya bisa memiliki kontrol yang lebih baik pada kaki palsu yang dikenakan ketika ia tersandung, terpeleset, jatuh, dan sebagainya.

Teknologi robotik yang terus dikembangkan

Ilmuwan terus mengembangkan kaki palsu dengan teknologi robot untuk membuat hidup orang-orang yang memiliki kondisi cacat fisik bisa hidup senormal-normalnya seperti orang lain. Salah satu teknologi yang terus dikembangkan adalah membuat teknologi yang memungkinkan otak pemakai kaki palsu untuk memberikan perintah kepada kaki palsunya bergerak semaunya. Teknologi ini dikembangkan untuk menduplikasi cara kerja manusia dalam menggerakkan kaki tangannya yang melibatkan perintah dari otak. Teknologikaki palsu robotik terus akan terus dikembangkan hingga kaki palsu bisa memiliki gerakkan semulus kaki asli.

Pasien amputasi bisa hidup lebih mandiri

Tujuan dikembangkannya teknologi kaki palsu robotik adalah orang yang memiliki kondisi cacat fisik seperti kehilangan tangan atau kaki bisa kembali ke masyarakat menjalani hidup tanpa harus mengandalkan bantuan orang lain. Orang dengan kondisi amputasi bisa beraktivitas seperti biasa, bahkan teknologi ini juga dikembangkan agar para prajurit yang harus diamputasi karena kecelakaan saat bertugas bisa kembali bertugas lagi di militer seperti biasa.

Kesempatan untuk bisa hidup secara mandiri bisa menjadi motivasi bagi para kaum disabel untuk bisa lebih percaya diri setelah mengalami kondisi yang kurang menguntungkan dengan adanya kaki palsu berteknologi robot ini. Kaki palsu robotik juga bisa membuat para atlet penyandang disabilitas untuk berkompetisi lebih baik dengan menggunakan kaki palsu yang lebih mudah untuk dikontrol dan memiliki cara gerak yang hampir sama dengan cara gerak kaki yang asli.