Kaki Palsu BPJS dan Macam Alat Bantu Kesehatan yang diBiayai

Musibah memang dapat terjadi pada siapapun, kapanpun, dan dimanapun seperti sakit atau kecelakaan. Termasuk jika harus kehilangan anggota badan secara tiba-tiba. Oleh karena itu pemerintah Indonesia juga menyediakan kaki palsu BPJS.

Biaya kaki palsu dan pengobatan memang cenderung relatif dan tergantung pada obat atau tindakan yang dilakukan. namun Anda juga bisa mengantisipasinya dengan mengikuti asuransi. Di Indonesia pemerintah menyediakan asuransi khusus kesehatan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS.

kaki palsu bpjs

kaki palsu bpjs

Selain menanggung  biaya pengobatan, BPJS juga dapat memberikan alat bantu kesehatan. Untuk mendapatkan alat bantu kesehatan harus disertai dengan rekomendasi spesialis sesuai dengan indikasi medis yang diderita. Beriku adalah daftar alat bantu kesehatan yang ditanggung oleh BPJS antara lain:

  1. Alat bantu dengar

Untuk mendapatkan alat bantu dengar, terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Maksimal biaya alat bantu dengar yang dapat dibantu oleh BPJS adalah satu juta rupiah.

  1. Alat penyangga leher

Alat bantu kesehatan penyangga leher biasanya digunakan oleh pasien yang mengalami trauma pada bagian tulang leher. Untuk mendapatkannya pasien harus melewati beberapa pemeriksaan mulai dari fasilitas tingkat satu untuk mendapatkan rujukan ke dokter spesialis di rumah sakit.

  1. Anggota tubuh palsu

Anggota tubuh palsu seperti tangan atau kaki palsu BPJS. Alat bantu ini hanya bisa didapat di rumah sakit tipe di provinsi masing-masing.

  1. Kruk penyangga

Alat bantu kruk penyangga digunakan bagi orang yang kesulitan menopang dan menjaga keseimbangan tubuhnya. Untuk mendapatkan kruk penyangga harus melewati pemeriksaan ortopedi bedah tulang.

  1. Korset tulang belakang

Korset tulang belakang adalah salah satu alat bantu kesehatan sebagai penyangga tulang belakang akibat kelainan atau cedera.

  1. Gigi palsu

Tidak dapat sembarangan mendapatkan gigi palsu dari BPJS. Terdapat beberapa prosedur yang harus dilakukan yaitu harus atas indikasi medis.

  1. Kacamata

Sama seperti alat bantu kesehatan lainnya. kacamata juga dapat diperoleh dari BPJS dengan adanya indikasi medis terlebih dahulu.

Untuk sebagian orang yang belum mengetahui alat ganti gerak kesehatan seperti sulit didapatkan. banyak orang yang belum mengetahui dimana mendapatkan kaki atau tangan palsu selain kaki palsu BPJS. Padahal Anda bisa mendapatkannya juga selain di rumah sakit diantaranya:

  1. Dinas sosial

Pemerintah melalui dinas sosial di kabupaten/ kota atau provinsi memiliki dana khusus yang diperuntukkan pembelian tangan dan kaki palsu. Masyarakat yang membutuhkannya dapat mendatangi dinas sosial setempat, namun harus disertai dengan surat pengantar dari ketua RT/ RW.

  1. Pembuat kaki palsu

Kaki dan tangan palsu juga dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan. Anda bisa mencarinya melalui rekomendasi teman, internet, surat kabar, dan lain sebagainya. Bahkan biasanya pembuat kaki palsu juga dapat memberikan kaki palsu kepada orang yang tidak mampu dan membutuhkan bantuan kaki atau tangan palsu.

  1. Lembaga sosial

Ini juga bisa dimanfaat oleh orang yang membutuhkan bantuan kaki dan tangan palsu. Terdapat banyak sekali lembaga sosial atau CSR perusahaan yang mengadakan program pemberian kaki dan tangan palsu secara gratis. Ini patut dicoba bagi yang membutuhkan.

Itulah informasi seputar kaki palsu BPJS dan juga cara mendapatkannya secara gratis selain dari BPJS. Hal yang paling penting dari kehilangan anggota tubuh adalah jangan patah semangat. Karena masih banyak jalan untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik.